Selasa, 06 November 2012

MODIFIKASI MOBIL OFF ROAD SUZUKI JIMNY

JIP - Bagi Dimmy Hidayat, Suzuki Jimny bukanlah suatu yang asing lagi baginya. Bermacam Jimny pernah menjadi penghuni garasi pria yang yang berkecimpung dalam bisnis makanan ini, namun dari semua jenis Jimny yang ada, versi beratap kanvaslah yang menjidi idolanya. “Model atapnya yang menjadikannya unik dan berbeda dengan Jimny lainnya,” tutur Dimmy.

Namun ternyata Dimmy masih menyimpan ide ama tentag sebuah Jimny long beratap lunak. Hingga tiba suatu saat, ia tak bisa membendung hal yang menjadi uneg-unegnya tersebut, apalagi setelah sebuah Katana long ex sebuah bank nasional menjadi miliknya.“Katana long tersebut memiliki overhang yang sama persis dengan sebuah Sierra ataupun Jimny pada umumnya. Sehinga untuk menjadikannya sebuah Sierra berbodi panjang tidak terlalu banak kendala,” lanjut Dimmy.  

Dasar penggila Jimny, mengumpulkan barang-barang dan piranti Sierra pun sudah lama ia jalani dan kini waktunya mengeluarkannya dari dalam gudang. “Frame kaca dan bando (pillar B) faktor penting pada pembentukan bodi, karena keduanya menjadi acuan terutama pada proses pemotongan bodi.” sambungnya bersemangat.

Enam bulan pun berlalu, proyek impian Dimmy ini pun usai dan melahirkan Jimny Sierra dengan wheelbase panjang. Sebuah kreasi yang menghasilkan varian baru yang lahir dari buah pemikiran seorang Dimmy. Well….tak salah kiranya jika kami lantas menyebut jip yang satu ini sebagai Dim’s Jim.   



Mesin
Di dalam engine baynya masih dapat ditemui dengan nyata unit mesin berkode F10A asli bawaan kendaraan. Hanya saja untuk mempertahankan stamina dan juga performanya, maka mesin 4 silinder berkapasitas 970cc ini dioverhaul.

KLIK DISINI>>

Girboks transmisi
Girboks 4 speed bawaan aslinya dilengserkan. Sebagai gantinya satu unit girboks 5 speed menggantikan tugas dan tempatnya. Transmisi ini pun lantas disinergikan dengan tranfecase 2 speed milik comotan dari SJ410

KLIK DISINI>> 

Interior
Bentuk kabin Katana long nyaris terkikis habis dan hanya menyisakan dasbor asli saja. Selebihnya formatnya berganti layaknya sebuah Suzuki Jimny Sierra soft top yang didandani dengan atap model bikini top.

 Gardan
Gardan dan kaki-kaki tetap mengandalkan bawaan asli kendaraan. Bisa dikatakan bahwa nyaris tidak ada yang berubah dari spesifikasi awalnya, hanya saja untuk menselaraskan dengan penggunaan ban ExtraGrip 750 x 15 Dimmy cukup mengganti anting asli dengan anting yang lebih panjang

KLIK DISINI>> 
Overfender
Satu set overfender ala Bushwacker dari bahan fiberglass dengan bentuk mengkotak disematkan pada setiap rongga rodanya. Sebuah langkah yang ditujukan untuk memberikan nuansa baru pada tampilan Katana long ini.

KLIK DISINI>>

Kaca spion
Sepasang kaca spion Jimny JDM dengan panjang berbeda antara sebelah kiri dan kanannya. Sepasang peranti langka didapati dari seorang teman yang justru mendapatkan barang ini di Thailand.

KLIK DISINI>>

Ban dan pelek
Pelek OZ Racing yang dipadukan dengan ban Good Year Extra Grip didaulat sebagai ‘sepatu’ di segala medan dan situasi Jimny yang satu ini.

KLIK DISINI>> 

Bumper
Sebuah bumper custom disematkan pada bagian depan, sedangkan bagian belakang cukup hanya mengandalkan bumper bawaan kendaraan saja. Sedangkan khusus untuk pintu belakangnya mengambil pintu bawaan SJ413 Caribian.  

Spesifikasi
Mesin                        : F10A 4 silinder inline 970cc OEM SJ410
Girboks                     : 5 Speed manual OEM SJ410
Tranfercase                : 2 speed part time OEM SJ410
Gardan                      : OEM Suzuki Jimny SJ410 (depan/belakang)
Final gir                      : 4,777 : 1
Per                             : OEM SJ410
Sokbreker                 : Kayaba Ultra
Radio komunikasi      : Icom
Lampu tambahan       : Cibie
Pelek                         : OZ RAcing
Ban                           : Good Year  Extra Grip 750 x 15
Bumper                    : Custom
Overfender              : Custom 
Spion                        : Jimny JDM
Kanvas                     : Custom









Jumat, 02 November 2012

MODIFIKASI OFFROAD MOBIL JEEP SUZUKI JIMNY


Seorang off-roader edan asal Bandung melakukan rekayasa genetika. 
Muncullah makhluk bernama Jigado


.Di kalangan penyuka lumpur nama Hadi Kusnadi atau yang kerap disapa Atung sudah tidak asing lagi. Jimny Sierra hasil modifikasinya pun sudah 2 kali diulas di majalah JIP. Toh, begitu keinginannya untuk membuat modifikasi tak pernah berhenti. Buktinya kini ia memunculkan Jigado (Jimny Gado-gado). Hehehe…


Seperti biasa gaya modifikasinya tergolong radikal. Meskipun bahan dasar modif berupa sasis dan bodi milik Suzuki Jimny Sierra, tapi komponen lainnya dicomot dari berbagai merek kendaraan lain.


Suzuki Jimny Sierra Monster Tire
Seperti misalnya mesin Jeep CJ-7, garden Mercedes Unimog 4011, girboks Toyota FA, per keong campuran milik Cherokee-Unimog dan sebagainya. Species baru yang dimunculkan Atung kali ini sedikit berbeda. Lantaran dimensi gambot dan berat yang jadi ciri khas rancangan pengusaha antenna parabola, kini tak terlihat pada ubahan Jimny Sierra-nya.
Jip bikinan Jepang ini terlihat ringkas seperti aslinya. Pemilihan garden Unimog 4011 dimensinya tak begitu lebar sehingga masih seimbang dengan bodi dan sasis Jimny. Selain itu rancangan bodinya pun dibuat simple. Hanya separuh bodi yang masih mencirikan Jimny, selebihnya rollbar yang dilas langsung ke sasis Jimny yang sudah di reinforce.
Kelenturan suspense Jigado biarpun belum terbukti ampuh di ajang kompetisi resmi layak diacungi jempol. Silahkan nikmati beberapa foto aksinya di halaman ini. Perhatikan liukan suspensi depan dan belakang yang mampu menyesuaikan level ketinggian batu.
“Jip ini memang dirancang untuk ikut rock crawling. Selain crawling ratio-nya low, traveling suspensinya juga lebih panjang. Biar manjat batunya lebih mudah,” cerocos Atung tanpa bisa distop. Menurutnya roda Jimny tunggangannya ini baru berputar setelah 147 putaran mesin.
Wah, sip juga nih!

KLIK DISINI>> 

Bodi dan Sasis Suzuki Jimny Sierra
Mesin Jeep CJ-7
Kapasitas Mesin 4.200cc
Jumlah Silinder 6 Silinder Segaris
Pengapian OEM CDI CJ-7
Pasokan Bahan Bakar Karburator OEM CJ-7
Altenator OEM Mitsubishi 100 Ampere
Aki Yuasa 100 Ampere
Girboks Toyota FA 5 Percepatan
Transfer Case Gas Sil 2,7 : 1
Gardan Unimog 4011 (depan-belakang)
Final Gir 1 : 7,56
Locker Air Locker Hydrolic (depan-belakang)
Ban Dunlop SP7 12,5×20
Pelek Unimog 20 inci
Sobreker Toyota Land Cruiser VX ( 3 depan- 4 belakang)
Per Coil Springs Unimog (depan), Cherokee (belakang)
Link Arm 5 link VHS (depan), 4 link ball joint (belakang)
Winch PTO Hydraulic 10 Ton
Rollbar Custom
Bumper Custom ARB (depan-belakang)
Jok OEM Jimny Sierra
Sabuk Pengaman 4 titik
Lampu Sorot 4 buah
Bengkel Dikerjakan sendiri