Sabtu, 26 November 2011

HOBI PACU ADRENALINE DENGAN MOBIL OFFROAD

Beragam cara dilakukan orang untuk memenuhi kepuasan. Mulai dari yang biasa-biasa saja hingga kegiatan ekstrem yang bisa memacu adrenalin. Off-road misalnya. Hobi off-road bisa membuat kita geleng-geleng kepala. Bayangkan saja, untuk mengubah satu unit mobil standar menjadi kendaraan yang siap mengikuti kompetisi off-road, dibutuhkan biaya minimal Rp150 juta.

Itu pun belum mencapai perubahan sempurna. Sebuah angka yang tidak sedikit. Namun kalau sudah jadi hobi, jumlah seperti itu tidak akan menjadi penghalang.
Hadi Dahlan ( PUTHUL ), misalnya. Di usia 51 tahun, pria itu masih tetap aktif di setiap kegiatan off-road, pemilik sebuah bengkel itu sedang membawa mobil off-road jenis Jimny kutrik kesayangannya. 


Diakui, hobi yang digelutinya itu cukup mahal. “Mobil saya ini tipe kutrik tahun  80an" Untuk menjadikannya seperti sekarang, saya sudah habis Rp150 juta,” ujarnya bangga. Pemilihan warna kuning membuat kendaraannya terlihat lebih sangar dan gagah dengan ban-ban besar yang dipakai. Dengan menanam mesin asli berkekuatan besar, mobil itu mampu berjalan di medan sesulit apa pun. 

 Meski hobi off-road membutuhkan biaya tidak sedikit, ada kepuasan tersendiri. “Ada sesuatu yang membuat adrenalin kita menjadi terpacu. Itu seninya dalam off-road,” katanya.
Sebenarnya tidak sulit menyulap sebuah mobil menjadi kendaraan off-road. Rata-rata kendaraan yang dipakai untuk Off-road adalah Jimny atau Hardtop. Jimny memiliki keunggulan memiliki body ramping, sehingga tinggal mengubah mesin (kalau perlu) dan kaki-kaki mobil. Hardtop dari bentuknya memang sudah memiliki keunggulan. Body mantap plus tenaga kuat. “Yang susah, kalau CC kecil, pas dipakai di jalan yang terjal,” 

Didukung Penuh oleh Istri 
 Kalau sudah hobi, apa pun bakal dikorbankan demi hobi itu. 
Hobi off-road misalnya di Malang, banyak para off-roader bermunculan. 
Soal waktu dan uang, jangan ditanya lagi. Dalam satu kegiatan saja, para off-roader harus rela berada jauh dari keluarga selama berhari-hari. Belum lagi bongkar-pasang mesin serta alat-alat mobil lainnya, yang nilainya sampai ratusan juta rupiah. tapi pria itu mendapat dukungan penuh dari istrinya. Tak jarang, sang istri ikut menyaksikan ajang Off-road saat diadakan event KEJURDA. 
Supaya keluarga ikut mendukung, mereka harus diajak terjun dalam kegiatan tersebut. Itu dilakukan agar keluarga mengerti dan paham apa yang sedang dilakukan banyak juga kawan-kawan yang suka ajak istri atau keluarga mereka kalau sedang diadakan event offroad,
Selain itu, banyak hal lain yang bisa didapat dari hobinya itu. “Buat yang suka otak-atik mobil, bisa puas untuk bongkar mobil, karena kita selalu cek kondisi mobil,” katanya.